Pengabdian Seorang Pembersih Gamelan

April 28, 2013 at 4:15 am Tinggalkan komentar

TANGGUNG JAWAB

Sosok keberadaan bapak Yayan (60) di lingkungan kantor Setda Indramayu mungkin tak banyak menarik perhatian para PNS. Maklum, pekerjaan pak Yayan hanya seorang yang dipercaya membersihkan perangkat gamelan di ruang Pendopo dengan kemampuan seadanya. Jenis pekerjaan seperti ini memang tak perlu keahlian khusus, hanya ketelitian dan kejelian pak Yayan dengan menggunakan ke-dua tangannya, mampu membersihkan ke setiap lekuk ukiran kayu gamelan sehingga tampak lebih bersinar. Peralatan yang dipakai pun sebatas selembar kain lap dan air.

Pak Yayan telah melakoni pekerjaan ini sejak sepuluh tahun lalu. Ia diberi tanggung-jawab penuh membersihkan dua perangkat gamelan milik Pemkab yang rutin dilakukan tiap dua hari sekali. Ia mengaku mendapat gaji bulanan melalui Disporabudpar Indramayu dan selalu mensyukuri apa yang ia peroleh. Pak Yayan akan menyambut gembira jika besaran upah yang diterima mendekati angka ‘satu’ ketika K2 FM menyebut angka tertentu. “Harapan ke situ ada, tapi kepercayaan ini saya jadikan saja sebuah pengabdian, sama kan seperti sampeyan sebagai abdi negara”, kata pak Yayan balik bertanya.

Ia menjelaskan, pembersih yang digunakan untuk ukiran kayu biasanya memakai lap dan air. Untuk gamelan sendiri dipakai bahan cairan khusus. Terkadang ia menemui kendala dengan adanya kotoran burung yang sulit dibersihkan. Jika tak telaten maka jangankan menjadi bersih, justru akan mempengaruhi bunyi gamelan. Perangkat gamelan yang ada di Pendopo bukanlah sebagai barang hiasan belaka. Pada hari tertentu sering dimainkan oleh anak buah Dalang H. Rusdi di tempat tersebut.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pandangan Hidup Seorang Manusia Jiwa Yang Tenang Menghilangkan Kegelisahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2013
S S R K J S M
« Mar    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: