INDAHNYA NEGARA INDONESIA

April 28, 2013 at 3:32 am Tinggalkan komentar

KEINDAHAN

Hanya sebagian daerah saja yang dikelola dan terjamah keberadaannya oleh penduduk Indonesia. Tentu saja hanya kawasan atau daerah yang memiliki tempat yang indah yang nantinya akan dikelola baik oleh pemerintah, swasta, atau bahkan masyarakat penduduk yang tinggal di sekitar daerah calon kawasan wisata tersebut. Padahal bila kita tinjau lebih dalam lagi, sebenarnya hal tersebut kurang efektif bagi kepariwisataan Indonesia karena bukan hanya keindahan saja yang perlu dijadikan landasan dalam mengelola suatu daerah pariwisata yang kelak dapat dijadikan menjadi suatu objek wisata yang dapat menarik minat para wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan yang berasal dari negeri kita sendiri dan tentu saja hal tersebuta pastinya akan memberikan keuntungan tersendiri kepada semua pihak bahkan bagi Negara kita sendiri. Salah satu hal yang dapat membantu perkembangan kepariwisataan di Indonesia adalah keberanian para pengelola untuk mengelola sesuatu kawasan yang tidak hanya dinilai dari keindahannya saja tetapi memiliki beberapa faktor lain dan juga tentunya promosi yang dilakukan untuk memasarkan daerah calon objek wisata tersebut.

Indonesia adalah negeri yang memiliki banyak sekali kekayaan alam yang tentu saja dapat berguna bagi nusa dan bangsa. Terdapat pula kawasan-kawasan di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri yang bila diberi perhatian dan dikelola dengan baik akan menjadi suatu destinasi pariwisata yang sangat membanggakan. Dunia kepariwisataan di Indonesia juga menjadi salah satu faktor pemasukan terhadap negeri ini.

Terdapat beberapa kawasan objek wisata yang sudah tidak asing didengar oleh telinga kita seperti Bali, Borobudur, Prambanan, Pelabuhan Ratu, Pangandaran dan masih banyak lagi. Bahkan sekarang semakin banyak ditemukan kawasan yang memiliki daya tarik yang sudah dikelola baik itu oleh pemerintah, swasta maupun masyarakat penduduk sekitar sendiri dan mulai terdengar di telinga para wisatawan dan sangat menarik perhatian baik itu para wisatawan asing maupun wisatawan lokal sendiri seperti Raja Ampat contohnya atau bahkan anak-anak pantai seperti pantai Sawarhna, Batu Karas dan masih banyak lagi tentunya kawasan-kawasan yang memiliki daya tarik yang telah menarik perhatian para wisatawan.

Selain itu, ada juga peninggalan-peninggalan sejarah yang dapat dijadikan sebagai objek wisata karena Indonesia adalah negeri yang selain kaya dengan alamnya tetapi juga dengan budaya dan peninggalan-peninggalan sejarah pada masa sebelummnya yang tentunya memiliki suatu cerita yang menarik dan berkesan maka dijadikan sebagai salah satu objek wisata. Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai negeri yang membanggakan.

Tetapi sayangnya kawasan-kawasan yang dapat dijadikan sebagai objek wisata di Indonesia tidaklah semua terjamah oleh manusia, baik oleh wisatawan asing atau bahkan oleh masyarakat Indonesia itu sendiri. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan dan menyia-nyiakan apa yang sebenarnya dapat kita kelola menjadi suatu manfaat yang besar dan menguntungkan banyak pihak, baik itu untuk para pengelola, wisatawan, maupun bagi Negara kita sendiri yaitu dapat menambah pemasukan negara.

Kebanyakan para pengelola hanya megkriteriakan suatu kawasan yang dapat menjadi suatu kawasan objek wisata hanya dari keindahannya saja baru kawasan tersebut dapat menjadi suatu objek wisata dan bila mereka menemukan suatau kawasan wisata yang indah dan memiliki daya tarik untuk menjadi sebuah objek wisata bahkan baik itu pemerintah, swasta, maupun penduduk sekitar mungkin akan berebut untuk menjadikan sebuah kawasan yang memiliki potensi untuk menjadi sebuah destinasi.

Padahal banyak sekali kawasan yang walaupun tidak memiliki keindahan tetapi dapat menjadi suatu kawasan objek wisata yang memiliki daya tarik contohnya kawasan memiliki sejarah, kegunaan, atau bahkan kawasan tersebut ternyata memiliki dampak yang akan memajukan pengetahuan dan pendidikan bangsa Indonesia.

Para pengelola sebenarnya dapat mengelola berbagai jenis kawasan untuk menjadi suatu kawasan objek wisata tidak hanya dari keindahannya saja, mengelola suatu kawasan wisata juga dapat dilakukan dengan bantuan promosi. Tentu saja sekarang Indonesia memiliki para muda-mudi bangsa yang mengerti dan tertarik dengan dunia pariwisata dan pastinya akan membantu dalam bidang promosi. Promosi merupakan salah satu bagian bauran pariwisata sehingga dalam kegiatan pariwisata promosi tidak bias berjalan sendiri dan terpisah dari indicator-indikator bauran pemasaran pariwisata lainnya.

Promosi pariwisata yang dapat membantu mengelola suatu kawasan mencakup produk, harga, promosi, sistem distribusi, kerjasama, packaging, programming, penampilan objek dan subjek pariwisata, dan tentunya juga sumber daya manusia. Pemasaran pariwisata tersebut dapat bersinergi dalam kegiatan pariwisata agar memperoleh hasil yang optimal yaitu suatu kawasan yang menjadi objek wisata yang dapat menarik perhatian para wisatawan asing maupun para wisatawan lokal sendiri tentunya.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

MISKINNYA KEADILAN DI NEGARA KITA !! Persahabatan Antara Seorang Nelayan Dan Hiu Putih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2013
S S R K J S M
« Mar    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: