DEMO

Oktober 30, 2012 at 7:48 am Tinggalkan komentar

DEMO MAHASISWA

            Demontrasi, membuat hamper setiap individu takut mendengar kata ini. Demontrasi oleh kebanyakan orang diidentikkan sebagai suatu virus yang menggangu. Virus yang menyerang keharmonisan hubungan antara kenyataan dengan harapan. Demontrasi mahasiswa menolak kenaikan BBM dengan mengatasnamakan rakyat pun sering kali membuat rakyat gundah, meski sebenarnya alasan utama mahasiswa melakukan demontrasi karena gejolak sosial yang sering terjadi umumnya selalu merupakan hasil efek samping dari aktifitas politik, seperti disahkannya suatu undang-undang , dikeluarkannya kebijakan-kebijakan oleh pemerintah yang sama sekali tidak memihak pada rakyat.

            Demontrasi(demo) adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum . Demontrasi biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secara politik oleh kepentigan kelompok.

            Unjuk rasa atau demontrasi umumnya dilakukan oleh sekelompok mahasiswa yang menentang kebijakan pemerintah, atau para buruh yang tidak puas dengan perlakuan majikannya. Namun demontrasi juga dilakukan oleh kelompok-kelompok lainnya dengan tujuan lainnya.

            Unjuk rasa atau demontrasi kadang dapat menyebabkan pengrusakan terhadap benda-benda. Hal ini dapat terjadi akibat keinginan menunjukkan pendapat para pengunjuk rasa yang berlebihan.

PENYEBAB TERJADINYA  DEMO

            Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa atau demontrasi karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai peraturan. Para pengunjuk rasa tidak menemukan pelampiasan atas ketidakpuasan yang dirasakan. Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk masa. Hal –hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka tersalurkan.

SEPERTI APA DEMO YANG BAIK ?

Demo yang baik dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Memahami dulu bahwa suatu demo bermakna sebagai penyampaian atau mempertunjukan sesuatu kepada orang lain, sehingga orang lain itu minimal dapat memahami apa yang disampaikain itu.
  2. Sebagaimana yang telah dipahami oleh para mahasiswa adalah mengajukan izin atau pemberitahuan kepada pimpinan perguruan tinggi dan pihak polri yang diteruskan dengan kordinasi mengenai tempat dan waktu.
  3. Secara rapi menuju ke lokasi demo yang telah disepakati. Dalam proses ini diperhatikan kemungkinan penyusupan provokator dari luar. Bersamaan dengan itu polisi telah ikut mengamankan dengan cara mendampingi. Dalam keadaan jumlah pendemo tidak terlalu massif, teknik mendampingi adalah sangat tepat untuk menghindari posisi berhadap-hadapan antara mahasiswa dan pihak pengamanan. Jika perlu pemimpin mahasiswa atau korlap dan komandan pengaman secara bersama bernyanyi atau meneriakan yel-yel yang sehat dan bermartabat. Hal ini penting untuk membangun kebersamaan kedua belah pihak.
  4. Memperhatikan keamanan dan keleluasaan orang lain, yang mungkin berlalu lalang di tempat itu. Jangan sampai kebebasan yang diberikan oleh sistem demokrasi ini malah mengancam kebebasan orang lain. Jika ini terus terjadi , sama artinya pendemo merusak tatanan demokrasi yang ingin dibangun di negeri ini. Hindari kelakuan yang dapat membuat publik atau masyarakat umum sakit hati dan malah menjadi anti terhadap demo. Jika ini terjadi , alih-alih ingin mendapat simpati dan dukungan publik, malah sebaliknya, anda akan menjadi common enemy atau musuh bersama.
  5. Menyampaikan orasi , yang pokok pikirannya itu telah tertuang di dalam tulisan yang disiapkan tersebut. Sampaikanlah orasi itu dengan baik. Boleh dengan suara keras, tetapi tidak dalam kalimat caci maki dan dengan wajah yang beringas. Ingatlah bahwa mahasiswa lebih mengandalkan akal pikirannya ketimbang emosi.
  6. Jika semua materi yang ingin disampaikan telah tuntas , sangat simpatik sekali anda bersalam-salaman, kalau perlu berpelukan dengan teman-teman atau bapak bapak Polisi yang bertugas. Mereka yang bertugas itu sesuai perintah mengamankan dan mendampingi para pendemo. Mereka bekerja sesuai protap yang telah ditetapkan. Percayalah ,jika materi yang anda sampaikan itu benar, masuk akal dan bermutu, apalagi bermanfaat bagi rakyat banyak, pasti pikiran dan hati Pak Polisi juga berpihak kepada anda.
  7. Dan ini tak kalah pentingnya adalah peranan Media. Demo yang benar dan indah ini akan terbiarkan begitu saja ditelan bumi jika Media mengabaikannya. Marilah kita memandang jauh kedepan, Indonesia yang damai , aman dan bermartabat dalam berprilaku .

 

 

SEPERTI APA TANGGAPAN YANG DI INGINKAN ?

 

            Mengacu pada hak masyarakat untuk menyeruakan pendapat, dukungan ,kiritikan ,ketidakberpihakan yaitu dengan salah satu caranya dengan berdemokrasi sebagaimana yang sudah diatur dalam UUD 1945. Sebagai “matching point” dari hak masyarakat untuk menyeruakan pendapat tersebut. Untuk pemerintah sendiri, sebaiknya menghormati para pendemo dengan cara “mendengarkan” dengan kata lain menanggapi mereka, karena pada dasarnya niat mereka mengeluarkan pendapat hingga turun ke jalan dikarenakan suara mereka kurang terdengar atau terwakili oleh para wakil rakyat. Akhirnya dengan menghormati hak-hak dan kewajiban masing-masing pihak, demontrasi sebagai salah satu wujud masyarakat demokrasi dapat berjalan sebagaimana nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan yang telah diatur dalam UUD 1945 sebagai dasar berdirinya Negara Indonesia.

 

            Sebagai solusinya kita sebagai warga Negara yang berlandaskan Pancasila dan sangat menjujung tinggi makna tersebut sebaiknya mengetahui sebelumnya bagaimana demontrasi yang diharapkan, supaya dalam upaya melaksanakan hak , tidak menggangu atau merugikan hak milik orang lain yang merupakan kewajiban kita.

     

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

DEFINISI PEMUDA TUGAS SOFTSKILL 5 ILMU SOSIAL DASAR ( WARGA NEGARA DAN NEGARA )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Oktober 2012
S S R K J S M
« Jun   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: