Ini Tantangan Astronot NASA di Bali

Juni 15, 2010 at 11:19 am Tinggalkan komentar

Masing-masing tim akan diminta membuat maket permainan, lalu mempresentasikannya.

Tim Indonesia berlaga dalam ajang GEC 2010 di Bali (Bakrieland)

VIVAnews – Diskusi serius terjadi di ruang penyelenggaraan Global Enterprise Challenge 2010 di Pullman Bali Legian Nirwana Resort. Lima tim masing-masing dari Indonesia, Filipina, Singapura, Jepang, dan Wales duduk di meja bundar terpisah – membahas tantangan yang diberikan Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA.

Astronot NASA, Nicholas Patrick melalui jaringan internet mengumumkan tantangan yang futuristik yang harus dipecahkan masing-masing tim dalam waktu 24 jam.

Masing-masing tim akan diminta membuat maket permainan, lalu mempresentasikannya besok, Selasa 15 Juni 2010. Biaya pembuatan masing-masing permainan tidak boleh lebih dari Rp 300 ribu.

“Dalam dua dekade dari sekarang, dunia akan jadi tempat sangat berbeda dibandingkan saat ini,” kata Patrick.

Tantangan yang harus diselesaikan para tim adalah membuat model permainan yang inovatif untuk keluarga – yang terdiri dari dua orang dewasa dan dua anak, berusia 8-12 tahun.

Bukan sembarang permainan. Tapi, “memuat isu dan tantangan yang dihadapi dunia pada 2030,” kata Patrick.

Apa pendapat para kontestan mengenai tantangan dari NASA? Desak Kt Tristina Sukmadewi dari tim Indonesia mengatakan, tantangan yang diajukan NASA sangat menantang.

“Kami sedang memetakan isu-isu, permasalahan dalam keluarga saat ini. Kemudian kami akan memproyeksikannya ke tahun 2030,” kata dia dalam perbincangan dengan VIVAnews.

Anggota tim lain, Muhammad Galih Wicaksono menjelaskan, timnya akan memadukan isu keluarga dengan permasalahan global – yang dihadapi dunia.

“Dengan permainan ini kami punya dua tujuan, membuat komunikasi antarkeluarga lebih baik, sekaligus menciptakan diskusi dalam keluarga untuk memecahkan masalah-masalah global,” kata dia. Apalagi, saat ini ada permasalahan komunikasi antar anggota keluarga akibat kesibukan masing-masing.

Mengapa mulai dari masalah keluarga dibanding isu global? “Semua hal dimulai dari yang kecil,” kata Galih, optimistis.

Sementara, kontestan dari Filipina, Jose Gabriel Go mengatakan, tantangan yang diberikan NASA sangat menarik. “Kami akan mengenalkan pada orang tua cara berkomunikasi yang baik menurut kita. Ini akan jadi hal yang signifikan,” kata dia.

Menurut Jose, banyak permasalahan yang akan dihadapi dunia pada tahun 2030. “Misalnya, overpopulasi dan kekurangan sumber daya alam. Ini masalah yang akan kita pecahkan bersama, mulai dari keluarga,” tambah dia.

****

Pada ajang GEC 2009 yang diselenggarakan Skotlandia, Indonesua menjadi juara dunia sekaligus pemenang pertama dari Asia – sejak GEC diluncurkan untuk kali pertamanya pada 2002.

Tantangan yang dihadapi peserta saat itu adalah merancang prototipe dan rencana bisnis produk yang bisa dipasarkan secara komersial. Tema GEC 2009 adalah bagaimana berpartisipasi mencegah kelaparan.

Ketika setiap hari 1 miliar orang di dunia kelaparan, rumah tangga di negara-negara G-20 membuang jutaan ton makanan sisa senilai miliaran dolar. Peserta GEC 2009 ditantang untuk merancang model berupa produk atau jasa inovatif yang bisa mengurangi makanan terbuang.

Dan Indonesia jadi juara dengan produk inovatif, piring makan bertuliskan kampanye anti membuang makanan. (umi)

• VIVAnews

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Alien Mencoba Kontak Bumi? “ANALISIS SISTEM INFORMASI”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juni 2010
S S R K J S M
« Mei   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: