Humor Bebaskan Anda dari stres ^-^

Mei 26, 2010 at 8:40 am Tinggalkan komentar

HUMOR di tempat kerja sering kali dianggap tidak pantas dan jauh dari kesan elegan dan profesional. Padahal, menebar humor di tempat kerja bisa membebaskan seseorang dari rasa tegang dan stres akibat tekanan pekerjaan.

Pernahkah Anda terjebak dalam suatu rapat yang membosankan atau menagangkan? Saat semua peserta rapat merasa bosan atau tegang karena suasana yang tidak menyenangkan, pasti Anda berharap ada satu orang yang bisa mencaikan suasana dengan mengatakan hal-hal yang menarik atau lucu. Saat inilah humor bisa muncul, tak hanya bisa mencairkan suasana, tapi sekaligus bisa membuka saluran-saluran komunikasi yang tersumbat karena begitu tegangnya suasana.

Begitu hebatnya kekuatan humor untuk mencairkan suasana hingga muncul pepatah bahwa “Humor dan tawa adalah obat terbaik bagi semua penyakit”. Penelitian ilmiah bahkan sudah membuktikan bahwa humor bisa digunakan sebagai bagian dari terapi menyembuhkan penyakit kanker, dan beberapa penyakit yang diderita anak-anak.

Diyakini, saat tertawa, jantung akan meningkatkan pernapasan menyerap oksigen, dan membuat darah terpompa ke jantung. Dampaknya, hormon stres akan berkurang dan hormon endorphin yang membuat rasa bahagia meningkat.

Nah, karena saat bekerja banyak orang yang rentan terhadap stres, sangat dianjurkan agar Anda sering melemparkan lelucon di tempat kerja. Tentunya, tetap harus ada panduan bagaimana melontarkan humor yang benar agar tidak direspons negatif.

Hindari humor berbau seksual

Demi menjaga perasaan rekan kerja yang berlawanan jenis, jangan pernah melemparkan humor berbau seksual. Anda tetap tidak diperbolehkan meski telah mengenal mereka selama bertahun-tahun.

Hindari humor berbau SARA

Hindari pula humor yang berbau suku, agama, dan ras (SARA), termasuk juga tampilan fisik seseorang. Anda tentu tak ingin ada orang yang terluka hatinya karena humor Anda, bukan? Kecuali jika yang dijadikan bahan humor adalah Anda sendiri, silakan saja.

Humor situasi

Buatlah humor dari situasi yang sedang Anda hadapi, bahkan kala situasi tersebut tidak menyenangkan. Anda bisa membuat humor tentang koneksi internet yang lama, AC yang mati, atau bahkan pekerjaan yang seperti tak ada habisnya.

Tertawakan diri sendiri

Bersenang-senanglah dengan “kebodohan” Anda sendiri. Jika Anda lupa menaruh catatan penting, jika Anda tak bisa membaca tulisan tangan Anda sendiri, buatlah lelucon dari hal tersebut. Ini adalah jenis humor yang tidak akan berbahaya karena Anda menertawakan diri sendiri diyakini juga sebagai terapi untuk bisa menerima diri sendiri apa adanya sekaligus sebagai kesehatan emosi seseorang.

Jangan menggunakan lelucon lama

Lelucon lama sering kali sudah dianggap pantas dan tak beretika jika disampaikan di zaman sekarang. Karena itu, berhati=hatilah terhadap lelucon yang sudah usang.

Jadi insider dulu

Jika Anda masih karyawan baru, sebaiknya berhati-hati melemparkan lelucon. Bisa jadi humor Anda tak terlalu ditanggapi, atau lebih buruk lagi, direspons negatif.

Taruh gambar lucu atau anekdot lucu di papan buletin kantor

Mainkan permainan lucu

Saat lepas deadline atau saat akan rapat, mainkan sejenak permainan lucu yang bisa memancing tawa dan semangat rekan kerja. Dengan membuat suasana cair, maka pikiran akan lebih “terang”, suasana lebih santai, hingga ide-ide bagus bisa saja bermunculan saat rapat tiba.

Humor saat rapat

Saat sedang rapat atau pidato seorang atasan atau pimpinan juga bisa melemparkan humor. Atasan yang senang melemparkan humor bisa dianggap sebagai atasan yang fleksibel dan membuat anak buahnya tak ragu untuk menceritakan segala masalah yang ditemuinya di tempat kerja. Bagaimana caranya melontarkan humor saat rapat atau berpidato, berikut saran yang bisa digunakan.

Mulai dengan humor ringan

Sebagai awalan, coba lemparkan humor ringan tentang situasi yang dialami semua orang di ruangan tersebut, misalnya tentang kondisi macet, cuaca buruk, atau berita terkini yang menjadi pembicaraan banyak orang.

Siapkan humor cadangan

Bisa juga Anda mengutip perkataan para tokoh yang berhubungan dengan topik yang akan Anda bahas. Manfaat dari humor di awal pertemuan ialah agar suasana lebih cair dan tidak tegang. Dengan suasana yang lebih santai, setiap orang bisa dengan mudah mengungkapkan ide atau pendapat mereka di ruang rapat.

Siapkan humor cadangan

Jika ternyata humor Anda tidak membuat mereka tertawa, siapkan balasan atau jawaban dari humor tersebut, yang kira-kira sesuai dengan pengalaman atau latar belakang mereka agar mereka mengerti maksud humor Anda.

Humor tidak sama dengan lelucon

Lelucon lebih mirip cerita lucu, sedangkan humor lebih dekat dengan mencari hal yang lucu dari situasi atau keadaan yang tengah berlangsung. Ada baiknya Anda menggunakan humor daripada lelucon karena humor umumnya dipandang lebih cerdas daripada sebuah lelucon.

Terus melucu

Humor di saat rapat atau berpidato sangat diperlukan agar audiens tidak bosan mendengarkannya. Suara tawa mereka saat Anda melemparkan humor adalah sebuah pertanda nonverbal bahwa mereka mendengarkan perkataan Anda.

Gunakan bahasa nonverbal

Anda juga bisa menggunakan mimik yang lucu saat menceritakan sebuah kisah atau mempraktekkan suatu hal saat menerangkan sesuatu kepada audiens atau bawahan Anda.(Koran SI/Koran SI/nsa)-Okezone

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

5 Kekuatan Kharisma Yang Mendongkrak Karir Hal Yang Membuat Motivasi Anda Mati….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Mei 2010
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: