“E-Commerce”

Desember 31, 2009 at 9:28 am Tinggalkan komentar

PENGENALAN E-COMMERCE

Walaupun istilah Electronic Comerce baru beberapa tahun terakhir mendapat perhatian,sebenarnya Electronic Commerce telah ada dalam berbagai bentuk selama lebih dari 20 tahun.Teknologi yang disebut dengan Electronic Data Interchange (EDI) dan Electronic Funds Transfer (EFT) pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an.Pertumbuhan penggunaan kartu kredit,Automated Teller Machines dan perbankan via telepon di tahun 1980-an juga merupakan bentuk-bentuk Electronic Commerce.

Komersialisasi dan privatisasi internet yang meningkat beberapa tahun yang lalu,telah menjadi dasar pertumbuhan Electronic Commerce.Insfrastruktur digital yang meyediakan sarana efisien untuk komunikasi dan pertukaran informasi menjadi media baru yang menarik untuk Electronic Ecommerce.Di masa lalu dunia bisnis bisa melakukan aktifitas antara satu dan lainnya melalui jaringan khusus tapi pertumbuhan drastis dari internet telah merubah paradigma tersebut dan akhirnya menjadikannya lebih luas.Electronic Commerce tradisional saat ini bisa dilakukan oleh pendatang baru dengan skala international.

Istilah E-commerce dapat saja diartikan berbeda-beda oleh setiap orang,yang penting untuk dimengerti adalah persamaan-persamaanya,E-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan,dan dapat diaplikasikan hampir disetiap jenis hubungan bisnis.

Sampai saat ini,website hanya terbatas pada informasi yang diberikan untuk konsumen mengenai perusahaan dan apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.Para pengunjung di website dapat melakukan lebih daripada hanya melihat informasi ini,mereka bisa mengirimkan e-mail atau mengisi sebuah formulir dan membuat perjanjian yang lebih dari sekedar arti perjanjian secara tradisional.E-Commerce mengizinkan anda untuk menjual produk-produk dan jasa secara online.Calon pelanggan atau konsumen dapat menemukan website anda,membaca dan melihat produk-produk,memesan dan membayar produk-produk tersebut secara online.

Terdapat dua jenis perusahaan yang melakukan bisnis di internet.Jenis yang pertama adalah perusahaan yang semata-mata hanya berada di internet perusahaan jenis ini tidak mempunyai toko atau melakukan bisnis secara tradisional,sebagai contoh : amazon.com dan cdnow.com,sedangkan jenis perusahaan lainnya menggunakan e-commerce di internet sebagai pengganti kegiatan bisnis yang ada,contohnya jenis perusahaan ini adalah Barnes dan Noble,selain menjual buku-buku di tokonya ke negara lain.Barnes dan Noble mengoperasikan website-nya dimana konsumen dapat mencari buku-buku yang menarik baginya untuk dibeli dan kemudian mereka dapat memesannya melalui website tersebut.

1.Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik :

Manfaat Perdagangan melalui jaringan Electronic :

  • Revenue stream (aliran pendapatan) baru yang memungkinkan lebih menjanjikan yang tidak bisa di temui di sistem transaksi tradisional.
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  • Meningkatkan customer loyality.
  • Meningkatkan supplier Management.
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Memperpendek waktu produksi.
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik :

  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga.Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
  • Penggunaan akses  ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang di lakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi persuhaan tersebut.
  • Kerugian yang tidak terduga.Disebabkan oleh gangguan yang di lakukan dengan sengaja,ketidakjujuran,praktek bisnis yang tidak benar,kesalahan faktor manusia atau kesalahan elektronik.

Jalan menuju perdagangan Melalui jaringan Elektronik

Ketika para eksekutif perusahaan memutuskan bahwa menfaat diantisipasi melebihi kendalanya dan membuat ke putusan untuk “jalan”,mereka memahami bahwa penerapannya akan menjalankan suatu tugas raksasa.Rencana bisnis strategis akan mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan melalui jaringan elektronik guna mencapai keunggulan strategis.Perusahaan pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran potensial yang di mainkan tiap elemen lingkungan.Kemudian muncul  komitmen untuk membentuk suatu sistem antar organisasi (IOS) melalui pertukaran data elektronik (EDI),IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup sistem (sistem life cycle-SLC) atau melakukan rancangan ulang proses (BPR).hasilnya adalah sistem berorientasi jaringan yang menggunakan sambungan lansung,jaringan bernilai tambah,internet,atau kombinasinya.

Strategi Perdagangan melalui jaringan Elektronik.

Sistem Antar Organisasi (Interorganizatonal System-IOS).

Suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal Mitra Dagang Atau Mitra Bisnis adalah perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS.

Sistem Antar Organisasi

Manfaat Secara Langsung IOS :

1.Efisiensi komparatif,dapat meyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing.

  • Efisiensi internal,perbaikan-perbaikan dalam perusahaan.
  • Efisiensi antar organisasi,perbaikan-perbaikan yang di peroleh melalui kerjasama dengan perusahaan lain.

2.Kekuatan tawar menawar,kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya.Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar :

  • Keistimewaan produk yang unik.
  • Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
  • Peningkatan biaya peralihan.

Manfaat secara tidak lansung (IOS) :

  • Mengurangi kesalahan.
  • Mengurangi biaya.
  • Meningkatkan efisiensi operasional.
  • Meningkatkan kemampuan bersaing.
  • Mneingkatkan hubungan dengan mitra dagang.
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan.

Pertukaran data Elektronik (EDI) :

PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK  (Elektronik Data Interchange-EDI).

Transmisi data dalam bentuk terstruktur dan dapat dibaca mesin secara lansung dari komputer ke komputer antara beberapa perusahaan.

EDI adalah implementasi yang dominan dari sistem informasi antar organisasi ada dua standar utama EDI :

  1. The America National Standards Institute standar ASC X 12 digunakan di Amerika Utara.
  2. The EDIFACT International Standards digunakan di Eropa.

ELECTRONIC DATA INTERCHANGE

Pemanfaatan EDI di indonesia nampaknya masih belum mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan.Masih sangat jarang yang memanfaatkan sistem ini sebagai salah satu komponen teknologi informasi.Definisi EDI sendiri ialah pertukaran data secara elektronik antar perusahaan dengan menggunakan format data standar yang telah disepakati bersama.Dengan EDI ini perusahaan akan lebih mudah dalam melakukan pertukaran data baik didalam internal organisasi ataupun dengan pihak stakeholder.Berikut ini ialah keuntungan yang akan di dapatkan organisasi jika menerapakan EDI.

  • penghematan biaya :  Penghematan ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas,tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
  • Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
  • Keakuratan :  EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karna tidak ada entry data ulang.Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error  Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
  • keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
  • integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI.Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Menurut Raymond Mcleod [Sistem Informasi Manajemen, 2001, 72] Komunikasi data adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian penting besar, dengan internet dalam sorotan. Internet membuka berbagai peluang baru dihampir semua perusahaan-perusahaan yang ingin membangun sistem antar organisasi dengan menggunakan EDI, beberapa teknologi juga dapat dipertimbangkan.

Ada tiga pilihan teknologi utama sambungan langsung (Direct Connectivity), jaringan bernilai tambah (Value Added Network) dan internet.

1. Sambungan Langsung

Perusahaan dapat membentuk kaitan komunikasi data dengan para mitra dagangnya dengan menggunakan sirkuit yang disediakan oleh penyedia jasa komunikasi umum.

2. Jaringan Bernilai Tambah

Jaringan bernilai tambah (Value Added Network) disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.

3. Internet

Internet memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan. Sebagian besar kebangkitan perdagangan melalui jaringan elektronik diharapkan berasal dari perusahaan-perusahaan yang akan mempromosikan dan dalam beberapa kasus mengirimkan produk mereka melaui internet.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

“IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA ERA GLOBALISASI” KESIMPULAN TUGAS 1-5

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: