“Tugas SIM(IV)”

Desember 24, 2009 at 1:42 am 1 komentar

Keamanan dan Kontrol Sistem Informasi

Keamanan Sistem

Yang di maksud keamanan system pada artikel ini mengacu padaperlindungan terhadap semua sumber daya informasi perusahaan dari ancaman oleh pihak –pihak yang tidak berwenang.

Tujuan-tujuan Keamanan dimaksudkan untuk mencapai 3 tujuan utama,yaitu :

  1. Kerahasian,Perusahaan berusaha melindungi data dan informasi dari orang-orang yang tidak berhak.
  2. Ketersediaan,tujuan CBIS adalah menyediakan data dan informasi bagi mereka yang berwenang untuk menggunakannya.
  3. Integritas,semua subsistem CBIS harus menyediakan gambaran akurat dari system fisik yang diwakilinya.

Pengendalian Akses : dicapai melalui suatu proses 3 langkah,yang mencakup :

  1. 1. Identifikasi User.
  2. 2. Pembuktian Keaslian User.
  3. 3. Otorisasi User.

Strategi Pengulangan Biaya Manajemen Informasi

Beberapa Strategi yang banyak dimanfaatkan adalah :

  1. Strategi Konsolidasi,dapat diikuti dengan mengurangi jumlah lokasi sumber daya informasi yang terpisah.Alasanya adalah sejumlah kecil pemusatan sumber daya yang besar dapat beroperasi lebih efisien dari pada banyak pemusatan sumber daya yang kecil.

  1. Downsizing,adalah transfer berbagai aplikasi berbasis komputer perusahaan dari konfigurasi peralatan besar,seperti mainframe ke flatform yang lebih kecil seperti komputer mini.Dalam beberapa kasus,platform yang lebih kecil tetap berada dalam IS,dan dalam kasus lain ditempatkan di area pemakai.Pemindahan ke system yang kurang mahal tetapi penuh daya ini disebut Smartsizing.Keuntungan downsizing : system yang user friendly.

  1. Outsourcing,ukuran pemotongan biaya yang dapat berdampak lebih besar bagi IS dari pada downsizing adalah outsourcing.Outsourcing adalah mengkontrakkan keluar semua atau sebagian operasi komputer perusahaan kepada organisasi jasa di luar perusahaan.

Jasa-jasa yang ditawarkan Outsourcers mencakup:

  • Entry data dan pengolahan sederhana.
  • Kontrak pemrograman.
  • Manajemen fasilitas,operasi lengkap dari suatu pusat komputer.
  • Integrasi Sistem,adalah kinerja semua tugas-tugas siklus hidup pengembangan system.
  • Dukungan operasi untuk pemeliharaan,pelayanan atau pemulihan dari bencana.

Pentingnya Pengendalian Sistem Informasi

Pengendalian yang dimaksud dalam artikel ini adalah sejauh mana pengendalian aplikasi mempunyai peran dalam mencegah dan mendeteksi adanya kesalahan-kesalahan  . Sebuah pengendalian dikatakan berhasil ketika kesalahan-kesalahan dapat diminimalisir.

Betapa pentingnya informasi dalam kehidupan manusia, sehingga informasi yang datang tidak boleh terlambat , tidak boleh bias(berat sebelah) harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan relevan dengan penggunanya,sehingga informasi tersebut menjadi informasi yang berkualitas dan berguna bagi pemakainya. Untuk mendapatkan informasi yang berkualitas perlu dibangun sebuah sistem informasi sebagai media pembangkitnya. Sistem informasi merupakan cara menghasilkan informasi yang berguna . informasi yang berguna akan mendukung sebuah keputusan bagi pemakainya.

Pendekatan sistem adalah suatu prosedur langkah demi langkah yang digunakan dalam memecahkan masalah. Tiap langkah mencakup satu keputusan atau lebih, dan untuk tiap keputusan diperlukan informasi.

Pengendalian dalam sebuah sistem pada dasarnya berarti menjaga agar sistem beroperasi dalam batas prestasi tertentu. Sebuah sistem yang berada dalam kendali  akan beroperasi dalam batas  toleransi yang telah ditentukan.

Keluaran dari sebuah sistem kadang-kadang tidak sesuai dengan keluaran yang semestinya (standar), hal ini membutuhkan pengendalian melalui sistem umpan balik untuk mencari gangguan-gangguan yang menghambat, sehingga terjadi hal seperti itu.

Agar sistem umpan balik itu dapat berjalan baik maka sistem harus memiliki standar keterukuran keluaran, sensor yang dapat menangkap kondisi setiap keluaran, alat yang dapat membandingkan keluaran yang terjadi dengan keluaran standar, serta alat yang bergerak mengoreksi masukan. Oleh karena sistem keorganisasian mempunyai sifat terbuka, berbagai kemungkinan gangguan bisa terjadi dan tidak terduga. Mengingat hal itu manajer harus mampu dan siap menghadapi segala kemungkinan gangguan dalam hal inilah berlaku “hukum variasi kebutuhan pengendalian”. Tentu saja tidak seluruh tanggapan korektif dari sistem umpan balik harus diterima, hal ini akan tergantung kepada kepentingan organisasi, karena itu berlaku fungsi penyaringan. Artinya hal-hal yang tidak prinsipil dan tidak terlalu mengganggu jalannya organisasi tanggapan korektif bisa diabaikan.

Tugas Pengendalian dalam Sistem Informasi yang terdiri dari :

Kontrol Proses Pengembangan

Model Sistem Informasi Sumber Daya Informasi

Artinya ;

Sistem yang menyediakan informasi mengenai sumber daya informasi Perusahaan kepada para pemakai diseluruh Perusahaan.

Subsistem Input :

  • Sistem Informasi Akuntansi yaitu mengumpulkan data internal yang menjelaskan unit jasa informasi dan data lingkungan yang menjelaskan transaksi unit tersebut dengan para pemasoknya.
  • Subsistem Riset Sumber Daya Informasi yaitu menjelaskan kegiatan yang terdiri dari proyek-proyek riset didalam perusahaan yang selanjutnya menentukan kebutuhan User dan kepuasan User.
  • Subsistem Intelijen Sumber Daya Informasi yaitu menjelaskan fungsi yang berhubungan dengan pengumpulan informasi dan elemen-elemen di lingkungan perusahaan khususnya elemen-elemen yang berinteraksi dengan jasa Informasi.

Elemen – elemen dalam subsistem ini meliputi:

  • Pemasok.
  • Serikat Pekerja.
  • Masyarakat Global.
  • Pelanggan.
  • Pesaing.
  • Masyarakat Keuangan.
  • Pemegang Saham.

Subsistem Output :

  • Subsistem Perangkat Keras yaitu menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat keras.Perangkat lunak yang digunakan dalam subsistem ini dapat berupa query language,pembuatan laporan dan model matematika.
  • Subsistem Perangkat Lunak yaitu menyiapkan output informasi yang menjelaskan sumber daya perangkat lunak.Output informasi terutama berbentuk jawaban atas database query dan laporan periodik.
  • Subsistem Sumber Daya Manusia artinya menyediakan informasi tentang para spesialis informasi perusahaan.
  • Subsistem Data dan Informasi artinya menyiapkan output yang menjelaskan sumber daya data dan informasi yang berada di database pusat.
  • Subsistem Sumber Daya Terintegrasi artinya menyatukan informasi yang menjelaskan sumber daya hardware,software,SDM serta data dan informasi.

Mencapai Kualitas Manajemen Jasa Informasi

Konsep  TQM (Total Quality Management) sering di asosiasikan dengan proses manufaktur.Namun dasaryang sama dapat diterapkan pada produk dan jasa apapun termasuk yang ditawarkan oleh IS.

Kontrol Desain Sistem

Kontrol pengoperasian Sistem

Kontrol pengoperasian system didasarkan pada struktur organisasional dari departemen operasi,aktivitas dari unit yang ada dalam departemen tersebut.

Kontrol yang memberikan kontribusi terhadap tujuan ini dapat diklasifikasikan menjadi lima area :

  • Struktur Organisasi.
  • Kontrol Perpustakan.
  • Pemeliharaan Peralatan.
  • Kontrol Lingkungan dan Keamanan fasilitas.
  • Perencanaan disaster,

Perencanaan disaster meliputi :

  • Rencana Keadaan Darurat (emergency plan).
  • Rencana Back-up
  • Rencana Record penting(vital record plan).
  • Rencana Recovery (recovery plan).

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

LAPTOP “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA ERA GLOBALISASI”

1 Komentar Add your own

  • 1. dina lucky  |  Juli 10, 2010 pukul 6:40 pm

    outsourcing memang salah satu tujuannya (jangka pendek) adalah untuk menghemat biya; tetapi bila aspek maintenance dari outsourcing tersebut tidak diperhitungkan (misalnya); maka hidden cost -nya akan lebih besar daripada saving yg didapat

    DL

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: