‘Intel Siapkan Processor 48 Core dan Core i9’

Desember 22, 2009 at 12:13 pm Tinggalkan komentar

Intel dengan persiapan 48 processor miliknya ditujukan untuk mendukung performance dan efisiensi power untuk laptop, server dan desktop di masa depan. Setiap core yang ditampilkan Intel, Rabu (2/12) kemarin di markas Santa Clara, California, benar-benar full terprogram dan dapat share data di jaringan chip yang berkecepatan tinggi. Penemuan baru Intel ini sekaligus dapat menghemat energy sebesar 25 watt dan paling banyak 125 watt ketika chip berjalan dengan performance maksimum.

Peneliti dari Intel menamakan processor tersebut sebagai ‘single chip cloud computer’, karena desainnya yang merepresentasikan organisasi pusat data yang digunakan untuk lingkungan cloud-computing yang menawarkan layanan penyimpanan data di web. Pusat data cloud atau sama dengan 10 ribu computer secara fisik terkoneksi dengan kabel jaringan untuk mendistribusikan task dan data yang banyak secara parallel. Chip processor 48 core tersebut dibangun menggunakan proses manufaktur 45 nanometer.

Sementara jaringan kecepatan tinggi yang terkoneksi dengan chip dapat mempercepat software mengirim informasi antar core dalam beberapa microdetik, mengurangi kelambatan akses data di memory chip. Aplikasi juga dapat secara dinamis mengatur core mana yang akan diberi task, mencocokkan performance dan energy yang dibutuhkan untuk menyelesaikan task.

Intel yakin bahwa dengan banyaknya core dapat menambah performance processor. Intel juga berencana untuk merilis processor Intel 6-Core Xeon Westmere Gulftown 2.4GHz LGA1366 ES ini di tahun 2010 atau yang dikenal dengan nama Gulftown atau Core i9 via eBay, yang dibangun dengan proses 32nm dan berbasis microarchitecture Westmere.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Crackberry Google Bikin Pendek Link Facebook dengan FB.me

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: