IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA ERA GLOBALISASI”

Oktober 27, 2009 at 8:07 am Tinggalkan komentar

“ IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA ERA GLOBALISASI “

Penggunaan teknologi informasi dalam operasional suatu perusahaan saat ini sudah sangat mendarah daging. Bahkan pemakaian komputer sudah hampir pasti ada di setiap perusahaan. Dalam persaingan bisnis tentu menuntut sistem informasi yang memadai. Adapun konsep yang kompetitif ini antara lain, mengenai akses yang cepat dalam mencari informasi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut, teknik penyampaian informasi, dan visualisasi.

Teknologi informasi yang dapat dipakai dalam hal ini yang termudah adalah internet. Jaringan yang mendunia ini akan memudahkan pemasaran produk, atau bisa disebut Online Marketing. Penerapan sistemasi e-mail berantai yang berisi brosur produk, atau membuat website yang diharapkan akan memperluas jaringan pemasaran. Jika memiliki jumlah atau variasi produk yang lebih dari 100 macam bisa dibuat suatu database tentang barang-barang tersebut, atau kita bisa sebut Online Catalogue. Agar lebih sempurna dapat disertai gambar atau video. Ini akan memudahkan bagi pelanggan untuk melihat, meneliti dan mengetahui secara detail.

Perusahaan yang menganut prinsip Customer Focused Business akan selalu membuat pelanggan merasa sangat dihargai. Memperlakukan pelanggan dengan baik yaitu dengan menyediakan fasilitas-fasilitas tertentu. Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti membuat sistem membership agar pelanggan dapat memperoleh keuntungan tambahan  berupa reward khusus, voucher belanja, atau diskon yang menggiurkan. Dalam hal ber-transaksi pun dapat dibuat semudah mungkin dengan sistem account untuk pelanggan, agar dapat memesan sekaligus membayar barang yang diinginkan via internet banking.

Dalam urusan menempatkan sistem informasi haruslah tepat pada sasaran, apakah kalangan pengusaha, pelajar, atau perusahaan lain. Karena setiap kelompok pelanggan yang berbeda akan kebutuhannya sudah pasti mengharuskan pelayanan yang berbeda juga. Perusahaan yang memiliki integritas persaingan akan membuat suatu sistem informasi yang dapat meraih minat dari setiap kalangan tersebut. Sistem informasi yang baik adalah sistem yang dapat memenuhi kebutuhan di setiap sektor, baik itu dari faktor kemudahan aksesibilitas maupun ketajaman informasi. Sebagai contoh, suatu perusahaan mempunyai sebuah website yang berisi informasi mengenai produk yang dijual. Untuk update informasi mengenai barang atau produk sudah tentu juga lebih mudah jika menerapkan teknologi informasi ini. Hanya dengan meng-edit database pada server perusahaan, lalu kemudian sudah bisa dilihat pada website yang bersangkutan. Kecepatan dalam update inilah yang merupakan salah satu keunggulan dari teknologi sistem informasi.

Pergerakan bisnis perusahaan dapat dimulai dari research pasar atau calon pembeli. Untuk mendapatkan data-data mengenai calon pembeli ini bisa melalui kuesioner secara online. Media yang digunakan bisa berupa website yang berorientasi kepada jaringan sosial yang universal seperti Facebook atau Twitter. Hal ini bermaksud agar penyampaian kuesioner tersebut dapat tersebar luas. Jika telah mendapat petunjuk tentang bagaimana karakter dari keinginan calon pelanggan, baru dapat ditentukan langkah selanjutnya yaitu membuat produk yang dinginkan oleh calon pelanggan. Setelah menciptakan produk, kemudian dilakukanlah pembangunan database untuk tujuan berikutnya, pemasaran dan penjualan.

Terbentuknya sebuah website berisi data lengkap perusahaan beserta produknya adalah modal utama bisnis online. Secara sistematis bisa kita gambarkan sebagai berikut, pelanggan meng-akses website perusahaan, kemudian memesan barang yang diinginkan, setelah itu dapat langsung membayar via internet banking bahkan dapat pula meminta untuk dikirimkan ke rumah si pelanggan tersebut. Berlangsungnya proses operasional itu tadi didukung sepenuhnya oleh internet.

Pada akhirnya, semua bentuk proses jual beli ini juga harus tidak luput dari sisi edukasi bagi kedua belah pihak. Banyak sekali pelajaran yang didapat, antara lain pihak penjual bisa memberikan pengetahuan mengenai produk yang dijual, berkaitan dengan manfaat lain produk tersebut. Perusahaan pun bisa memperoleh berbagai saran dan kritik demi meningkatkan kualitas

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

pantai nan indah “asal mu asal google”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Oktober 2009
S S R K J S M
    Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: